Berikan Pelayanan Keselamatan Bagi Pemudik Angkutan Penumpang Umum

SERANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten setiap tahunya mengadakan Kegiatan Pelaksanaan Ram Check. Kegiatan pelaksanaan Kelaikan Jalan Kendaraan Bermotor (ramcheck) dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 pada terminal Tipe A yang berlokasi di Wilayah Provinsi Banten. Pengecekan akan dilakukan di empat terminal tipe A pada tanggal (4-7/6/2018) Secara Berturut-turut. Pertama Terminal Mandala-Kab.Lebak (4/6/18), Tarminal Tarogong Labuan- Kab. Pandeglang (5/6/18), Terminal Terpadu Merak – Kota Cilegon (6/6/18) dan Terminal Pakupatan-Kota Serang (7/6/18).

Pelaksanaan Pengecekan kelaikan jalan atau ramp check bekerjasa sama dengan dinas terkait seperti BPTD Will VIII Banten, Denpom III/4 Serang, Polda Banten, Dinas Perhubungan Kab/ Kota di Wilayah Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Badan Narkoba dan Narkotika (BNN) Provinsi Banten, Polres/ Polsek Kota dan Penguji Kendaraan Bermotor di Wilayah Provinsi Banten.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Provinsi Banten mengatakan, pengecekan kelaikan jalan atau ramp check difokuskan pada tiga unsur penting, yaitu administrasi, unsur administrasi, teknis, dan hukum. Unsur administrasi, meliputi SIM umum, STNK, buku uji kendaraan, dan kartu pengawasan. Kemudian, unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, pemecah kaca, spion, kesehatan awak kendaraan, serta kelaikan ban.

Apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi sudah menanti para pelanggar. Semua angkutan umum yang masuk terminal tersebut akan diperiksa kelaikan jalannya. “Tidak boleh jalan kalau ditemukan salah satu unsurnya tidak terpenuhi. Kalau tidak laik kami tahan mobilnya,” ujarnya.

Ia menuturkan, kegiatan ramp check tersebut dalam upaya memberikan pelayanan transporasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan pulang kampung. “Tujuannya, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan menggunakan angkutan umum saat mudik. Begitu juga dengan awak angkutan, kalau terindikasi menggunakan narkoba tentu akan membahayakan keselamatan penumpang,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh perusahaan otobus (PO), pengecekan kelaikan kendaraan tidak hanya dilakukan pada saat menjelang musim Lebaran, tetapi harus dilakukan rutin.

“Jangan hanya saat angkutan Lebaran. Sebelum berangkat, di pool itu dicek kondisi kendaraannya, mulai dari rem, lampu, ban, pemecah kaca, dan lainnya. Kemudian, administrasinya, dokumen kelengkapan kendaraan. Selanjutnya, kesiapan sopirnya. Jangan yang baru narik jam 2 pagi, kemudian paginya jalan lagi,” ujarnya

Berikut Hasil laporan kegiatan ramcheck menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/ Tahun 2018

No

 

Terminal

Kendaraan yang di cek

Kendaraan Laik Jalan

Kendaraan Tidak Laik Jalan

1

Mandala, Kab. Lebak

20

12

6

2

Tarogong Labuan, Kab. Pandeglang

10

6

4

3

Terpadu Merak, Kota Cilegon

16

12

4

4

Pakupatan, Kota Serang

10

3

7