Siap Siaga Arus Jalur Pariwisata dan Arus Balik

Libur Lebaran 2018, Dinas Perhubungan Provinsi Banten mengantisipasi kemacetan di kawasan wisata dengan menurunkan personel untuk mengamankan arus lalu lintas. Libur Lebaran kali ini sangat panjang sehingga sangat memungkinkan setelah bertemu keluarga akan dilanjutkan wisata ke tempat-tempat di wilayah Provinsi Banten, sehingga perlu diantisipasi jalan yang akan ditempuh para warga/pelancong.

Dishub Banten harus dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat selama arus mudik, arus balik, dan saat warga berwisata pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Masyarakat berwisata, diperkirakan sekitar tanggal 15 hingga 18 Juni 2018, sedangkan puncak arus balik diramalkan pada tanggal 19 Juni hingga 20 Juni 2018.

Pemprov Banten akan memaksimalkan petugas untuk memantau lalu lintas pada hari-hari tersebut. Pada saat arus mudik petugas memantau lalu lintas selama mudik, setelah itu bergerak ke lokasi wisata. Kemudian ke jalur arus balik. Usai menjalani tugas memantau dan melakukan rekayasa lalu-lintas selama arus mudik, petugas Dishub Banten akan bergerak ke tempat-tempat wisata.

Untuk pemantauan selama masyarakat berwisata lebaran Pemprov Banten menyediakan posko terpadu di PosPam Palima dan di PosPam Baros. Petugas di lapangan akan memberikan bimbingan rute-rute jalan menuju lokasi-lokasi wisata, baik untuk jalan utama mau pun melalui jalan alternatif.

Pantauan dari Dinas perhubungan Provinsi Banten Pospam Palima, Sabtu 16 Juni 2018, situasi arus lalu lintas pada saat itu terpantau ramai lancar dari arah serang menuju Pandeglang maupun dari arah KP3B menuju jalur Pabuaran/Ciomas. Pagi pukul 08.00 WIB dilakukan rekayasa lalu lintas dari arah Serang menuju ke Pandeglang ke arah Jalur KP3B di karenakan kepadatan volume kendaraan, Petugas dari kepolisian, TNI , Dishub Kab/ Kota dan Dishub Provinsi ikut dalam pengaturan lalu lintas untuk kelancaran lalulintas. Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi meninjau langsung lokasi Pospam Palima sekaligus melihat situasi arus lalulintas di Pospam Palima, Kenadaran yang melintas di Pospam Palima lebih didominasi kendaraan roda 2, volume kendaraan pada H+2 & H+3 meningkat dikarenakan masyarakat banyak yang berwisata ke daerah Anyer dan Banten Selatan.

Sementara itu di PosPam Pertigaan Baros dari arah Serang menuju Pandeglang terpantau padat dan lancar. Didominasi oleh kendaraan roda dua  disusul oleh mobil pribadi dan angkutan  umum penumpang, Keadaan lalu lintas mulai tampak terlihat dari pagi hari antara pukul 08.00 sampai 01.00 dari arah Serang menuju Pandeglang. Untuk wisata Pandeglang terpantau padat, merayap susul menyusul didominasi kendaraan roda empat dan roda dua, sementara untuk malam hari kondisi arus lalu lintas ramai lancar begitupun sebaliknya Pandeglang menuju Serang lancar.

Saat situasi arus lalulintas padat diberlakukan satu jalur (one way) untuk menganulir kemacetan atau kepadatan kendaraan pada jalur serang menuju Pandeglang maupun sebaliknya dari arah Pandeglang menuju Serang. Rambu lalu lintas pun menjadi senjata utama Dishub Banten, karena dianggap berguna untuk melakukan rekayasa lalu lintas apa bila terjadi kemacetan.

"Melalui rambu lalu lintas portable itu kami membimbing masyarakat menuju lokasi wisata tujuannya," ucap Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Herdi Jauhari.

Karenanya, petugas Dishub Provinsi Banten akan disebar dititik strategis dan persimpangan menuju lokasi-lokasi wisata. Hal ini dilakukan untuk memudahkan rekayasa lalu lintas seandainya terjadi kemacetan menuju atau keluar dari lokasi-lokasi wisata di sekitar Provinsi Banten. Iyam