Lebaran Kedua Jalur Wisata Anyer Dipadati Pengunjung Wisata

SERANG, Pada Hari Sabtu 16 Juni 2018 s/d Selasa 19 Juni 2018 Pengunjung Wisata pantai Anyer dipadati wisatawan. Kepadatan arus lalulintas dimulai sejak hari kedua pada hari raya idul fitri 1439 hijriah.

Pantauan dari Dinas perhubungan Provinsi Banten dari Pospam PCI , Sabtu 16 Juni 2018 sekitar pukul 07.00 WIB ruas jalan Lingkar Selatan (JLS) -Anyer sudah dipadati kendaraan mulai dari kendaraan bus pariwisata, roda dua hingga roda empat. Terlihat di pertigaan JLS – Ciwandan terjadi kemacetan hingga jalur perempatan kerenceng. Sehnggi kondisi pengunjung wisata anyer mulai terurai sampai pukul 18.00 WIB sore Hari.

Untuk mengurai kemacetan itu, polisi memberlakukan one way atau satu arah menuju kawasan wisata pantai Anyer ataupun sebaliknya, sistem satu arah diberlakukan dalam dua sesi. Sesi pertama pada pukul 08.00-11.00 WIB dari arah Jakarta menuju Anyer hingga Cinangka. Kendaraan dari arah Anyer yang akan ke Jakarta akan disetop untuk memprioritaskan kendaraan yang mengarah ke kawasan wisata pantai tersebut. Sementara itu, sesi kedua diterapkan pada pukul 16.00-18.00 WIB. Untuk kendaraan menuju Jakarta dari Anyer maupun Cinangka, polisi akan memprioritaskan kendaraan yang mengarah pulang. Sedangkan kendaraan yang mengarah ke Anyer akan disetop di simpang Jalur Lingkar Selatan (JLS). Polisi dan anggota dari Dinas Perhubungan Provinsi Banten mambantu untuk mengatur lalu lintas di simpang jalan lingkar selatan dan memantau dari Pospam PCI.

"Kendaraan yang akan menuju Merak cukup sepi, beralih ke arah Anyer dan Carita. Ruang gerak JLS hingga Anyer, Carita dan Karang Bolong," kata Kombes Pol Tomex Koerniawan, Wakapolda Banten, saat ditemui di Pos Lalu Lintas (Lantas) Simpang JLS-Ciwandan, Kota Cilegon, Banten.

Selain terjadi kepadatan kendaraan diruas jalan lingkar selatan menuju  wisata pantai, kepadatan pengunjung juga terjadi di tempat-tempat wisata pantai terbuka, ribuan kendaraan datang dari arah Jalan Lingkar Selatan, Cilegon. Akibatnya, kendaraan hanya bisa melaju dengan kecepatan hanya 10 sampai 20km/jam saja, Arah lalu lintas yang akan menuju sambolo anyer ataupun mercusuar kendaraan terlihat padat merayap.

Adapun di Pertigaan Teneng macet parah. Arus lalu lintas dari arah Mengger-Cipali-Teneng didominasi kendaraan roda dua dan bak terbuka, yang mengangkut wisatawan pada jam 08,00 WIB sampai jam 19.00 WIB terpantau padat merayap di pertigaan Teneng namun pada jam 20.00 WIB sampai 23.00 WIB  arus lalu lintas terlihat ramai lancar dan masih terkendali.

"Menuju Anyer melalui Cipali - Teneng dibelokkan sedikit ke arah Labuan untuk mengurai kemacetan di pertigaan," kata Herdy Jauhari, Plt Dishub Provinsi Banten.Sistem satu arah itu berlaku mulai hari ini, Sabtu, 16 Juni, sampai 24 Juni 2018. Diberlakukannya sistem satu arah itu mengingat mulai akhir pekan ini sudah memasuki masa libur Lebaran. KIKI