wawancara Situasi Angkutan Lebaran (Angleb 2019) Radio Republik Indonesia RRI

Merak (Cilegon), minggu 02  juni 2019 Dinas Perhubungan Provinsi Banten di undang oleh Radio Republik Indonesi (RRI) untuk wawancara terkait dengan situasi Arus Mudik angkutan lebaran di wilayah Provinsi Banten khususnya di Terminal Merak dan Pelabuhan Merak (ASDP).

Wawancara langsung di siarkan oleh RRI pada pukul 13.00 sampai dengan selesai di posko RRI di dermaga satu penyebrangan pelabuhan merak ASDP. Wawancara langsung dibawakan oleh pak TRI NURTOPO, MT selaku kepala Dinas Provinsi Banten dan didamping oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Drs. Sucipto, MT.

Ada beberapa pertanyaan yang di perbincangkan oleh presenter radio tentang kenaikan jumlah pemudik pada tahun lalu dengan tahun sekarang. “pada H– 4 sebelum lebaran ini pemudik mengalami kenaikan 30% arus mudik di pelabuhan merak ASDP (Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan).”

Kadishub juga untuk angkutan lebaran melalui jalur udara mengalami penurunan 12%. Dikarenakan pemudik beralih ke jalur darat. dengan celetuknya presenter menyebutkan “harga tiket pesawat naik sehingga pemudik beralih ke jalur darat” tuturnya.

Wawancara selanjutnya, peran Dinas Perhubungan Provinsi Banten dalam Angkutn Lebaran (angleb) 2019. Kadishub Mengungkapkan “Dinas perhubungan berperan Aktif dalam mengatasi kemacetan, keamanan dan ketertiban lalu lintas. Selain itu juga anggota dishub Provinsi Banten tersebar di titik-titik rawan kemacetan seperti, di wilayah kerja Pembangunan (WKP I) yaitu tangerang raya dan Wilayah Kerja Pembangunan (WKP II) yaitu kab. Serang, kota serang dan Kota Cilegon.”

Selain angkutan lebaran, Dinas Perhubungan Provinsi Banten juga mengatur arus lalu lintas di daerah wisata anyer dan Wisata Banten lama. Mulai dari jalan Simpang PCI, Simpang JLS, Pasar anyer sampai dengan Simpang teneng dan daerah Kesultanan Banten lama. “sudah menjadi budaya bagi warga Banten dan sekitarnya dalam libur lebaran, pengunjung pantai anyer dan Kesultanan Banten menjadi Destinasi Libur Lebaran yang favorit bagi Warga Banten”.