Tiga Menteri Memastikan Pelayanan Angkutan Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak

Ketiga menteri itu adalah Menteri Koordinasi Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Kesehatan (Kemenkes) Nila F Moeloek,Menteri Perhubungan (Kemenhub) Budi Karya Sumadi.

Ketiga menteri ini, didampingi Deputi Operasi BASARNAS,Wakil Gubernur Banten, Direksi PT. ASDP Merak memantau Dermaga 2, Dermaga Eksekutif dan dermaga 7 terkait Pelayanan ticketing penumpang reguler dan eksekutif, Pelayanan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Banten di Dermaga II, Peninjauan kapal Portlink dalam pelayanan kelas eksekutif, dan Pelaksanaan Posko Terpadu Pemerintah Provinsi Banten dan Polda Banten di Dermaga 6


Saat mengunjugi dermaga eksekutif yang baru dioperasikan tahun ini, para menteri sempat berbincang dengan para pemudik dan memuji fasilitas dan pelayanan yang ada di dermaga tersebut.

Puan Maharani di sela-sela kunjungannya sempat berbicara dengan para penumpang mereka menyampaikan bahwa tiket untuk penyebrangan dengan kapal eksekutif cukup terjangkau dengan fasilitas yang cukup baik sehingga mereka merasa kenyamanan mudik jadi lebih baik.

Dirinya juga menuturkan, arus mudik di Pelabuhan Merak masih berjalan baik, begitupun arus lalu lintas masih bisa terkendali, ketertiban untuk menuju ke pelabuhan juga berjalan dengan baik.
 
Sementara Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan libur yang cukup lama dan tersebar antara tanggal 29, 30 Mei dan 1 Juni, pihaknya berharap tidak ada lonjakan yang melebihi kapasitas, dengan begitu pemudik bisa mendapatkan pelayanan lebih baik.

"Kita memang selalu menghimbau kepada para pemudik untuk sering- sering melihat informasi baik dari media televisi maupun dari media online dan sebagainya agar tau berstarategi di waktu mana yang senggang untuk perjalanan mudik," sedangkan terkait pelayanan antrian pada ticketing penyeberangan eksekutif yang disebabkan calon penumpang tidak membawa E-KTP sehingga dilakukan pelayanan manual disarankan untuk dilakukan evaluasi oleh PT. ASDP ucapnya. 

Sedangkan Menkes Nila F Moeloek menuturkan untuk menjaga kesehatan para pemudik yang menggunakan Pelabuhan Merak, Kemenkes menyiapkan tujuh posko kesehatan yang tersebar di wilayah pelabuhan Merak. 

"Kita sediakan tujuh posko kesehatan karena pelabuhan Merak ini cukup besar dan luas sekali," katanya.