Visi dan Misi Dinas Perhubungan

Visi kepala daerah terpilih periode 2017-2022 adalah “Banten Yang Maju, Mandiri, Berdaya Saing, Sejahtera dan Berakhlakul Karimah”.

Sedangkan misi kepala daerah terpilih periode 2017 – 2022 yaitu :

  1. Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance);
  2. Membangun dan Meningkatkan Kualitas Infrastruktur;
  3. Meningkatkan Akses dan Pemerataan Pendidikan Berkualitas;
  4. Meningkatkan Akses dan Pemerataan Pelayanan Kesehatan Berkualitas;
  5. Meningkatkan Kualitas Pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi.

Berdasarkan Visi, Misi, dan Program Kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih, tugas pokok Dinas Perhubungan Provinsi Banten yaitu melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan di bidang perhubungan. Tugas pokok ini mencerminkan misi pertama, Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) dan misi kedua Membangun dan Meningkatkan Kualitas Infrastruktur.

Tantangan dan permasalahan dalam pelayanan sektor perhubungan secara nasional umumnya, masih dihadapkan pada peningkatan keselamatan dan kelancaran mobilitas angkutan Darat, Laut dan Udara, aksesibilitas pelayanan perhubungan terutama pada pelayanan jasa transportasi di wilayah terpencil dan perbatasan yang belum seluruhnya dapat dijangkau secara memadai. Adapun permasalahan mendasar sektor perhubungan di Provinsi Banten meliputi :

  1. rendahnya tingkat keselamatan/tingginya tingkat kecelakaan;
  2. lama waktu tempuh, dan;
  3. tingginya biaya transportasi.

Sejalan dengan permasalahan dan kebutuhan terhadap penyiapan arah dan langkah pencapaian yang akan diwujudkan dalam tahapan pembangunan lima tahunan  RPJMD Provinsi Banten 2017-2022 maka Dinas Perhubungan menyiapkan Rencana Strategis Dinas Perhubungan Provinsi Banten.

Renstra Dinas Perhubungan merupakan dokumen perencanaan Dinas Perhubungan Provinsi Banten untuk periode 5 (lima) tahun yang memuat visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program, dan indikasi kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsinya serta berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten Tahun 2017-2022 dan bersifat indikatif.