Pembahasan Laporan Pendahuluan Jasa Konsultasi Kajian Validasi Pergerakan (OD Penumpang) Kab/Kota Se Provinsi Banten

Pembahasan Laporan Pendahuluan Jasa Konsultasi Kajian Validasi Pergerakan (OD Penumpang) Kab/Kota Se Provinsi Banten

Serang, Kamis 05 November 2020, Dinas Perhubungan Provinsi Banten Bidang Pengembangan Kasi Pengembangan Jaringan Pelayanan Transportasi mengadakan rapat di ruang DWP Dinas Perhubungan Provinsi Banten, dalam rangka Pembahasan Laporan Pendahuluan Jasa Konsultasi Kajian Validasi Pergerakan (OD Penumpang) Kab/Kota Se Provinsi Banten.


Sektor transportasi merupakan salah satu mata rantai jaringan distribusi barang dan orang / penumpang yang berkembang sangat dinamis, serta berperan di dalam mendukung, mendorong dan menunjang segala aspekkehidupan baik dalam pembangunan politik, ekonomi, sosial budaya maupu pertahanan keamanan. pertumbuhan sektor transportasi akan mencerminkan pertumbuhan ekonomi secara langsung sehingga transportasi mempunyai peranan yang penting dan strategis. Keberhasilan sektor transportasi dapat dilihat dalam kapasitas yang tersedia, kualitas layanan, aksesibilitas, keterjangkauan beban publik, dan utilisasi.


Validasi Pergerakan (OD) Penumpang Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten, dimaksudkan untuk mereview serta mendapatkan data dan informasi yang lebih akurat dari hasil survey asal tujuan angkutan penumpang di Provinsi Banten yang telah dilaksakan pada TA 2018 dan memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan OD Penumpang yang akan datang.


Adapun tujuan pekerjaan Studi Validasi Pergerakan (OD) Penumpang Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten adalah:


-          Mereview / validasi proses penyusunan, metodologi, pelaksanaan survey asal tujuan penumpang yang telah dilakukan;


-          menyusunan perencanaan survey asal tujuan penumpang sebagai pelengka survey yang telah dilakukan;


-          melakukan survey penentuan lokasi pos survey yang perlu dilakukan pada survey mendatang;


-          memberikan rekomendasi terkait hasil suvey yang akan dilakukan agar dapat digunakan untuk merancang dan menetapkan pola jaringan transportasi sbagai sumber informasi yang semakin akurat dalam perencanaan pembangunan transportasi wilayah Provinsi Banten.


Target penerima manfaat kegiatan yaitu Pemerintah Provinsi Banten khususnya Dinas Perhubungan Provinsi Banten sebagai basis data perencanaan transportasi, Masyarakat Provinsi Banten khususnya pengguna jasa transportasi (angkutan penumpang).


Keluaran yang diharapkan dari pekerjaan Studi Validasi Pergerakan (OD) Penumpang Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten adalah review data hasil survey asal tujuan angkutan penumpang di Provinsi Banten TA 2018 meliputi :


-          Menganalisis Bangkitan dan Tarikan Perjalanan


-          Menganalisis Bangkitan dan Tarikan Perjalanan Suvey OD Penumpang yang dilaksanakan oleh instansi lain.


-          Rekomendasi untuk pelaksanaan Survey OD Penumpang berikutnya.


Share :