Sosialisasi Pembinaan Angkutan Laut dan Keselamatan Pelayaran

Sosialisasi Pembinaan Angkutan Laut dan Keselamatan Pelayaran

Dinas Perhubungan (DISHUB) Provinsi Banten (12/04/2020) melalui Kegitan  Pembinaan Angkutan Laut dan Keselamatan Pelayaran, Melakukan Sosialisasi Pembinaan Angkutan Laut dan Keselamatan Pelayaran.

Kegiatan ini di buka oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten, pada jam 09:00 WIB, Bertempat di SMK 4 Kota Cilegon, Peserta dengan jumlah 75 Orang, yang berasal dari Nelayan Kapal Morning, Nelayan Kapal Wisata, dan Nelayan.

Para Narasumber terdiri dari : Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, KSOP Wilayah I Banten, Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Maksud dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bahwa keselamatan transportasi merupakan suatu kebutuhan yang harus di wujudkan dalam penyelenggaraan transportasi, khusunya angkutan laut sehingga perlu senantiasa berupaya meningkatkan keselamatan transportasi secara terus menerus.

Dalam kesempatan tersebut narasumber dari Dinas Perhubungan Kota Cilegon memaparkan Pentingnya PAS Kecil / Kapal dibawah 7 GT :

1.      Bukti Kepemilikan

Kepastian Hukum Kepemulikan Kapal Yang Syah, Jaminan Usaha, Penunjang Perekonomian

2.      Surat Tanda Kebangsaan Kapal

Suatu  Kewajiban Kapal Yang Terdaftar Dan  Berlayar Di Perairan Indonesia.

3.      Kelengkapan Berlayar

Kelengkapan Penunjang, Keselamatan Pelayaran, Keamanan  Melakukan Pelayaran, Memudahkan Pendataan Jika Terjadi Bahaya Di Laut

Syarat Pembuatan Pas Kecil/ Kapal Dibawah 7 Gt

1.      Perpanjang Masa Berlaku

Pas Kecil Asli Yang Lama, Surat Ukur Kapal, Ktp Pemilik

2.      Kapal Baru

Bukti  Pemesanan  Kapal, Bukti Pembelian Mesin Kapal, Dokumen Perusahaan/ Perorangan Pembuat Kapal, Ktp Pemilik/ Pemesan Kapal, Surat Keterangan Pangkalan.

3.      Balik Nama Pemilik

Pas Kecil Asli Yang Lama, Surat Ukur Kapal, Ktp Pemilik  Lama, Bukti Jual – Beli / Peralihan Hak Milik, Ktp Pemilik Baru, Surat Keterangan Pangkalan.

PERAN PEMERINTAH DAERAH

PERAN, TUGAS & WEWENANG

a)      mendorong pengembangan kawasan perdagangan, kawasan industri, dan pusat  kegiatan perekonomian lainnya;

b)      mengawasi terjaminnya kelestarian lingkungan di pelabuhan;

c)      ikut menjamin keselamatan dan keamanan pelabuhan;

d)     menyediakan dan memelihara infrastruktur yang menghubungkan pelabuhan dengan kawasan perdagangan, kawasan industri, dan pusat kegiatan perekonomian lainnya;

e)      membina masyarakat di sekitar pelabuhan dan memfasilitasi masyarakat di wilayahnya untuk dapat berperan serta secara positif terselenggaranya kegiatan pelabuhan;

f)       menyediakan pusat informasi muatan di tingkat wilayah;

g)      memberikan izin mendirikan bangunan di sisi daratan;

h)      memberikan rekomendasi dalam penetapan lokasi pelabuhan dan terminal khusus.

Bila Pemda tidak dapat melaksanakan peran, tugas & wewenang diambil alih Pemerintah Pusat                   

Tujuan nya adalah utuk meningkatkan kualitas pelayanan kelancaran operasional dan keselamatan lalu lintas angkutan laut, serta memberikan pengetahuan kepada para operator akan pentingnya perlengkapan keselamatan angkutan laut. IYAM



Share :