Pendampingan Bantuan Teknis Penataan Arsip

Pendampingan Bantuan Teknis Penataan Arsip

Serang, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan kegiatan rapat Pendampingan Bantuan Teknis Penataan Arsip  yang dilaksanakan dua hari pada hari Senin-Selasa, 17-18 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Provinsi Banten.

Perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini menuntut betapa pentingnya informasi bagi setiap organisasi, baik pemerintah maupun swasta. Salah satu sumber informasi yang dapat menunjang proses kerja administrasi dan pelaksanaan tugas manajemen adalah arsip. Maka dari itu perlu adanya pengelolaan arsip agar mudah di dapatkan oleh pihak yang membutuhkan.

Arsip perlu dikelola menggunakan pengelolaan arsip yang baik dan benar, sehingga apabila ada pihak yang membutuhkan arsip tersebut akan ditemukan dengan cepat dan benar. Kegiatan pendampingan bantuan teknis penataan arsip dilaksanakan dalam rangka peningkatan pengelolaan kearsipan pada Dinas Perhubungan Provisi Banten, kegiatan ini dilaksanakan dengan metode praktek langsung ke bidang-bidang Dinas Perhubungan Provinsi Banten diantaranya:

1.      Bidang sekretariat

2.      Bidang Lalu Lintas

3.      Bidang Angkutan dan Teknik Srana Prasarana

4.      Bidang Pengembangan Transportasi

5.      Bidang Perhubungan Laut dan Udara

6.      UPT Pegelolaan Prasarana Perhubungan

Kegiatan Pendampingan teknik Penataan arsip ini dilaksanakan dengan metode pemberian materi tentng penataan arsip dinamis. Pran pengelolaan arsip dinamis yaitu arsip sebagai dokumentasi atau recorded information jelas menempati posisi vital dalam organisasi, arsip akan dibutuhkan dalam seluruh proses kegiatan manajemen organisasi dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan.

Setelah pemberian materi kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung, peserta penataan arsip membawa berkas arsip dari pengolah arsip di bidang masing-masing dan langsung praktek cara memilah, mengklasifikasi, membuat daftar arsip dan tata cara menyimpan arsip tersebut.

Share :