Pemantauan dan Pengendalian Laut di Perarian Merak dan Kronjo

Pemantauan dan Pengendalian Laut di Perarian Merak dan Kronjo

Dinas Perhubungan (DISHUB) Provinsi Banten (04/12/2019) melalui Kegitan  Penyelenggaraan Keselamatan Pelayaran Dan Pengendalian Angkutan Laut. Melakukan pemantauan dan pengendalian Laut di perarian Merak dan Kronjo. Pemantauan dan Pengendalian Laut dilakukan pada Tanggal 5 dan 6 November 2019.


Kegiatan ini bermaksud :


a.       Untuk mewujudkan keamanan, keselamatan dan ketertiban angkutan laut di perairan Kronjo dan Utara Wilayah Provinsi Banten (angkutan di perairan pelabuhan / kapal tunda) dan kelestarian lingkungan di perairan pelabuhan dari pencemaran  di sekitar perairan sekitar perairan Merak, Utara Banten, Teluk Banten dan Kronjo;

b.      Sebagai bagian dari upaya pembinaan terhadap operator dan agen perusahaan angkutan laut;

c.       Untuk memperoleh  data dan informasi yang akurat tentang kondisi di lapangan meliputi kegiatan angkutan laut pada umumnya dan angkutan di perairan pelabuhan serta kegiatan lain yang terkait dengan pelaksanaan kepelabuhanan dan keselamatan pelayaran;

d.      Sebagai tindakan efek jera bagi operator/agen perusahaan angkutan laut khususnya yang mengoperasikan tug boat, angkutan di perairan pelabuhan serta bunker service di pelabuhan di sekitar Perairan Teluk Banten, Merak dan Kronjo.


 


Kegiatan ini bertujuan :


a.      Bagi aparatur pelaksana tugas, bertujuan untuk memberikan gambaran nyata serta salah satu motivasi dalam pelaksanaan tugas serta penegakan peraturan di lapangan.

b.     Bagi operator, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ketentuan perundang-undangan yang berlaku di bidang angkutan laut, kepelabuhanan, keselamatan maritim dan pelestarian lingkungan hidup.

c.      Bagi Pemerintah, kegiatan ini diharapkan dapat memberi masukan untuk menetapkan kebijakan di bidang angkutan laut, kepelabuhanan, keselamatan maritim dan pelestarian lingkungan yang sejalan dengan semangat otonomi daerah.


Kegiatan pemantauan dan pengendalian Laut Dengan menggunakan kapal KN.Singandaru I, Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Tim Pemantauan Angkutan Laut Dinas Perhubungan Provinsi Banten berangkat dari pangkalan kapal KN.Singandaru I, Dinas Perhubungan Kabupaten Serang di Pelabuhan Karangantu.

Kapal KN.Singandaru I, Dinas Perhubungan Kabupaten Serang yang digunakan oleh Tim Pemantauan sampai di muara Pelabuhan Karangantu haluan kapal diarahkan langsung ke barat laut menyusuri sepanjang pantai Teluk Banten dari mulai muara pelabuhan Karangantu kearah Pulau Lima dengan keadaan cuaca cukup baik dengan angin bertiup sedang dan gelombang laut tenang tim mulai mengadakan pengamatan terhadap alur pelayaran dan situasi perairan di Teluk Banten.

Kapal mendekati perairan Bojonegara dan melakukan pemantauan pada alur keluar masuk kapal di pelabuhan Bojonegara dan Pulau Kali selanjutnya kapal terus berlayar menuju perairan Salira untuk melakukan pemantauan di sekitar area berlabuh jangkar kapal kapal yang akan bongkar muat di pelabuhan yang ada di sekitar perairan salira.

Setelah di rasa cukup dan sepanjang pengamatan di sekitar perairan merak tempat kapal kapal berlabuh jangkar terlihat aman dan kondusif kapal melanjutkan kembali pelayaran untuk menuju Pulau Panjang, sepanjang pelayaran tim tetap melakukan pengamatan terhadap situasi pelayaran dengan melintasi Pelabuhan Indah Kiat Merak, Tanjung Sekong, Tanjung Kahal serta Tanjung Pujut. 

Dari hasil pengamatan dan pemantauan secara langsung di sepanjang pelayaran dari pelabuhan Karangantu sampai perairan merak di selat Sunda, kegiatan angkutan laut di sepanjang pantai dan perairan Teluk Banten, Pulo Ampel serta selat Sunda dekat perairan Merak, Kronjo dan sekitarnya masih aman dan kondusif.


Share :